SUJUD

Nov 5, 2019 Ibadah
Sujud

SUJUD

Assalamualaikum Wr.Wb

Sholat merupakan bentuk ibadah dan tiang agama islam yang diwajibkan kepada seluruh umat Rasullah shallallahu alaihi wasallam. Maka dari itu cukup berbahagianya kita selaku umat Beliau karena telah diberi kesempatan 5 x dalam sehari untuk melaksanakannya, karena ternyata dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa keutamaan yang amat sangat kita inginkan diantaranya adalah saat kita berSUJUD.

RASULULLAH shallallahu alaihi wasallam bersabda:

ﺍﻗﺮﺏ ﻣﺎ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻣﻦ ﺭﺑﻪ ﻭﻫﻮ ﺳﺎﺟﺪ

“Paling dekatnya seorang hamba pada Tuhannya adalah ketika dia sedang sujud”.

Sujud adalah keadaan di mana seorang hamba menekan egonya ke titik paling rendah. Dia rela meletakkan bagian paling terhormat dari raganya, yaitu dahi, ke tanah tempat dia menginjakkan kakinya. Ini dari sisi fisik. Dari sisi moral, sujud merupakan ekspresi kefanaan diri di hadapan wujud absolut Sang Khaliq, Allah subhanahu wa ta’ala. Di sini diri menjadi sangat kecil dan hina, bahkan bukan apa-apa, di hadapan kemahaperkasaan Allah Rabbul-izzah.

Inilah sujud yang memenuhi kriteria ideal dari sisi fisik dan moral-spiritual sekaligus, bukan sujud yang asal-asalan. Sujud yang demikian ini dihargai oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan harga yang sangat tinggi, yaitu kedekatan diri dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

Tetapi sujud itu sendiri secara subyektif punya nilai ketauhidan, yaitu pemujaan. Oleh karena itu jangan main-main dengan sujud. Jika anda bersujud pada patung, misalnya, meski asal-asalan, anda menjadi murtad (keluar dari lslam), na’udzu billah. Oleh sebab itu pula agama melarang sujud di luar shalat kecuali karena salah satu dari 2 sebab, pertama, adanya nikmat yang baru turun. Ini disebut sujud syukur. Kedua, karena membaca/mendengar ayat sajdah. Ini disebut sujud tilawah.

Lantaran adanya nilai subyektif itulah maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan kita agar memperbanyak doa di dalam sujud. “Adapun ruku’ maka sucikanlah Rabb di dalamnya. Dan adapun sujud perbanyaklah di dalamnya doa,” sabda beliau.

Allahuakbar….

Pagi barokah, kawan!
Wallahul musta’an. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
%d blogger menyukai ini: