Apa itu Muthawif

Apa sih muthawif itu? Istilah muthawif memang cukup sering terdengar di telinga kita saat membahas hal yang mengenai haji dan umroh. Muthawif sendiri sebenarnya memiliki makna orang yang sedang berthowaf atau berkeliling kakbah. Namun, saat ini muthawif diistilahkan menjadi sebutan kepada orang yang menjadi pemandu atau pembimbing ibadah haji maupun umroh. Muthawif ini memang sangat diperlukan di tengah semakin booming-nya ibadah umroh, tak terkecuali bagi kalangan backpacker.

Semakin meningkatnya antusiasme masyarakat muslim khusunya di Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji juga umroh, maka sangat diperlukan sekali peran seorang muthawif ataau pembimbing ibadah untuk membantu kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan ibadah jemaah selama di kota Makkah dan Madinah, apalagi untuk seorang umroh backpacker yang baru pertama kali pergi ke tanah suci.

2januari2016_3

Dengan adanya muthawif ini, maka Anda dan jemaah akan semakin terbantu dan merasakan kemudahan dalam melaksanakan ibadah. Namun, tentu pemilihan dan pengadaan muthawif ini haruslah benar-benar diselektif dengan baik baik oleh individu backpacker atau jasa travel haji dan umroh. Seorang muthawif bukan hanya sekedar memiliki pengalaman, tetapi juga harus disertai dengan kemampuan mendalami hukum-hukum tentang ibadah dengan baik, sehingga bisa menjadi tempat bertanya para jemaah dan menjamin pelaksaan ibadah berjalan sesuai ketentuan agama

23januari2016_3

Nah, itu dia penjelasan tentang apa itu muthawif dan bagaimana posisinya bagi umroh backpacker. Ternyata peran muthawif itu tidak hanya sebagai guide saja, ya. Namun, banyak juga hal lainnya yang dapat mendukung kemudahan pelaksanaan umroh. Oleh karena itu, bagi Anda para umroh backpacker, penggunaan jasa muthawif dirasa sangat direkomendasikan untuk menjamin kelancaran umroh Anda.