Amalan Amalan Setara Ibadah Haji dan Umroh

Assalamualaikum Wr Wb

Allah Maha Pemurah, diantara refleksi sifat Maha Pemurah Allah, Allah mensyariatkan amal-amal yang ringan dikerjakan namun pahalanya (balasan kebaikannya) berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan amal-amal ini, kita sebagai umat manusia yang ditakdirkan Allah memiliki usia yang pendek, rata-rata antara 60-70 tahun bisa mengoptimalkan usia kita untuk mendapatkan balasan kebaikan dari Allah yang berlipat ganda. Diantara amal-amal ringan tapi berpahala besar adalah amal-amal yang pahalanya setara dengan pahala ibadah haji dan umrah. Amalan-amalan tersebut diantaranya:

1. Pergi ke masjid untuk sholat berjamaah dalam keadaan berwudhu

Dari Abu Umamah, Rasulullah s.a.w bersabda,” Barangsiapa berjalan menuju berjama’ah sholat wajib, maka dia seperti berhaji. Dan barang siapa berjalan menuju shalat tathawwu'(sunnah) maka dia seperti berumrah yang nafilah (istilah lain sunnah).” (Hasan: Shahih Al-Jami’ no. 6556)

2. Shalat fardhu berjamaah.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa keluar dari rumahnya untuk shalat fardhu, maka pahalanya seperti pahala orang haji yang berihram. Dan barang siapa keluar shalat duha, dia tidak bermaksud kecuali itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumrah. Dan shalat yang dilaksanakan sesudah shalat yang dilaksanakan di antara dua shalat itu tidak ada perbuatan sia-sia, akan ditulis di ‘illiyyin ( buku catatan amal baik )” ( Shahih: shahih sunan Abu Dawud, no. 522; shahih Al-Jami’ no. 6228 )

3. Shalat shubuh berjamaah lalu berdzikir hingga matahari terbit

Rasulullah bersabda “Barang siapa shalat subuh berjamaah lalu duduk berdzikir sampai terbit matahari kemudia shalat dua rakaat, baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna” ( Hasan: Shahih At-Tirmidzi, no. 480, 586; Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 464 )

4. Belajar atau mengajarkan kebaikan di masjid

Rasulullah bersabda, “ Barang siapa berangkat di pagi hari menuju masjid, ia tidak menginginkan kecuali untuk mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala orang yang melaksanakan umrah dengan umrah yang sempurna” ( Hasan Shahih: Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 82 )

Subhanallah, siapa saja yang belajar atau mengajarkan suatu ilmu di masjid, orang itu sepertinya habis umrah.

5. Dzikir setelah shalat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah berkata, orang-orang faqir datang kepada Nabi seraya berkata, “Orang-orang kaya, dengan harta mereka mendapatkan kedudukan yang tinggi, juga kenikmatan yang abadi. Mereka melaksanakan shalat sebagaimana kami juga shalat. Mereka shaum sebagaimana kami juga shaum. Namun mereka memiliki kelebihan disebabkan harta mereka, sehingga dapat menunaikan ibadah haji, umrah, berjihad dan bersedekah” Maka beliaupun bersabda “Maukah aku beritahukan pada kalian sesuatu yang apabila kalian melaksanakan, kalian akan dapat melampaui derajat orang-orang yang sudah mengalahkan kalian tersebut, dan tidak akan ada yang dapat mengalahkan kalian dengan amal ini sehingga kalian akan menjadi yang terbaik di antara kalian dan di tengah-tengah mereka kecuali bila ada orang yang mengerjakan seperti yang kalian amalkan ini? Yaitu kalian membaca tasbih ( Subhanallah ), membaca tahmid ( Alhamdulillah ) dan membaca takbir ( Allahu Akbar ) setiapa selesai dari shalat sebanyak tiga puluh tiga kali” ( HR. Al- Bukhari )

Subhanallah..Inilah wujud kemurahanNya. Hanya dengan amal-amal ringan yang bisa kita lakukan tanpa harus pergi ke Makkah kita mendapat pahala yang sama dengan pahala orang berhaji. Lagi pula kita pun bisa melakukan setiap hari, bukan? Lalu tunggu apa lagi?! Namun demikian, hal tersebut tidak lantas membuat kita mencukupkan diri dengan hanya melakukan amal-amal ini. Sudah kita pahami bersama, hukum menunaikan haji adalah wajib. Pahalanya memang sama, tetapi derajat dan prestisenya jelas beda di hadapan Allah. Oleh karenya, jangan berhenti berazam sembari terus beramal shalih.

Wassalam